Usai Pengukuhan Korelasi, Ketua Dan Anggota KPU RI Beri Arahan Relawan Demokrasi

Surabaya, kpujatim.go.id – Usai meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP PUNAKAWAN) dan mengikuti deklarasi Komunitas Relawan Demokrasi (KORELASI) Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur Tahun 2016, Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro dan Anggota KPU RI, Arief Budiman menyempatkan berikan pengarahan kepada relawan. Pengarahan diberikan di lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya sekitar jam 1 siang.

Anggota KPU RI, Arief Budiman menyampaikan arahan untuk keberlangsungan komunitas ini. “Tiga puluh orang yang telah terpilih menjadi relawan demokrasi KPU Jatim ini yang tergabung dalam KORELASI, merupakan agen perubahan di masyarakat. Setelah ini sebaiknya dibentuk koordinator untuk keberlangsungan komunitas lebih lanjut. Karena sebelum-sebelumnya komunitas semacam ini telah ada, akan tetapi tidak berkelanjutan,” kata Arief kepada seluruh relawan demokrasi (22/12/2016).

Arief melanjutkan, “Saya juga sudah mengusulkan pada rapat pleno, untuk keberlanjutan relawan demokrasi, kalau bisa ada pertemuan nasional yang mengundang koordinator relawan dari tiap-tiap provinsi. Jika KPU belum memiliki anggaran untuk agenda ini, bisa disampaikan ke pemerintah provinsi agar dapat membantu”.

Selain itu menurut mantan Anggota KPU Jatim ini, setelah pengukuhan KORELASI pada hari ini agar ada pelatihan-pelatihan lanjutan. “Tidak harus formal, bentuknya bisa tidak formal, lebih santai suasananya,” ujar Arief.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro  lebih menekankan agar para relawan demokrasi menguatkan tekad untuk membangun demokrasi. “Karena demokrasi adalah sebuah pilihan atau cita-cita untuk membangun bangsa ini. Maka, yang harus ditanamkan adalah bagaimana mengisi demokrasi dengan benar. Demokrasi dengan benar artinya, menghargai suara rakyat dan memberi kebebasan untuk memilih. Salah satu cara mengisi demokrasi dengan benar yakni dengan menjadi pemilih yang benar. Tugas dari teman-teman di sini membantu KPU untuk memberikan pendidikan kepada masyarakat untuk menjadi pemilih yang benar. Di satu sisi ini bisa sebagai ibadah dan satu sisi lain untuk mendapatkan manfaat bagi Kita sendiri, karena relawan tidak digaji,” jelas Juri.

Mengakhiri arahannya, Juri berharap para relawan bisa menjadi suport bagi tegaknya demokrasi di bangsa ini. (AACS)

Sumber Berita : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2016/5562/Usai-Pengukuhan-Korelasi-Ketua-Dan-Anggota-KPU-RI-Beri-Arahan-Relawan-Demokrasi/berita-terkini

Mungkin Anda Menyukai