Tinjau Progres Pembuatan Batik Tulis Untuk KPU

Bondowoso, Jumat, (16/8). Komisioner KPU Bondowoso, Sunfi Fahlawati (Divisi SDM dan Parmas) dan Ali Mushofa (Divisi Perencanaan dan Data) mendatangi Sanggar Ijen Batik Tamanan Bondowoso, untuk meninjau proses pembuatan batik yang memproduksi batik Tulis yang nantinya akan digunakan untuk menjadi Seragam KPU.

“Tujuannya agar kita mengetahui sejauh mana progres pembuatan batik,  Karena pada akhir Bulan Agustus harus sudah  terdistribusi ke KPU Kabupaten/ Kota Se Jatim. Dan agar mengetahui betul rumitnya proses batik tulis, sehingga kita bisa lebih menghargai sebuah karya seni” Ungkap Sunfi Fahlawati, Divisi SDM dan Parmas saat di Lokasi sanggar Ijen Batik.

Lanjutnya, “Hal ini berawal dari karya batik ijen yang digunakan kemenpora untuk asean games dan Bawaslu RI, Maka kita menawarkan design untuk menjadi pilihan ternyata hasil pleno KPU Provinsi Jatim, Batik Bondowoso yang terpilih karena menggunakan design husus KPU.

Batik tulis ini akan di gunakan untuk menjadi seragam KPU Kabupaten/ Kota Se jawa Timur, KPU Provinsi Jatim serta KPU RI.

Meninjau proses batik tulis yang dilakukan yaitu  Pertama, Proses Desain dan Penjiplakan Gambar Pada Kain; Kedua, Proses Pencantingan; Ketiga, proses Pewarnaan, Keempat, Proses Gradasi (Dua Pewarnaan); Kelima,  Proses Penguncian Warna menggunakan Waterglass; Keenam, Proses Plorotan Kain. (Muhib)

Mungkin Anda Menyukai