Tinjau Pencetakan Surat Suara, KPU RI Pastikan Logistik Tepat Waktu

Gresik, kpu.go.id – Proses pencetakan, packing, dan distribusi surat suara untuk kebutuhan pemilihan serentak 2017 masih berjalan secara simultan di beberapa tempat pencetakan. Salah satunya di PT. Temprina Media Grafika yang pabrik percetakannya terletak di Gresik Jawa Timur.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) sebagai penanggungjawab akhir proses penyelenggaraan pemilihan serentak 2017 turut memonitor langsung proses pencetakan surat suara di pabrik percetakan tersebut, Kamis (19/1). Hal tersebut dilakukan untuk memastikan proses pengadaan logistik pemilihan 2017 bisa tepat waktu.

Komisioner KPU RI Arief Budiman yang melakukan peninjauan meminta semua pihak harus memastikan tidak ada logistik pemilihan 2017 yang terlambat sampai di daerah sesuai peruntukannya.

“Pihak percetakan harus selalu update progress pekerjaannya, jadi kita bisa pantau apakah ada kendala atau tidak. Setiap proses juga harus ada berita acaranya, baik itu barang keluar dari pabrik percetakan, sampai ke masing-masing penerima di kabupaten/kota,” tutur Arief yang juga membidangi Divisi Logistik di KPU RI.

Arief juga menegaskan, distribusi harus sesuai target, daerah yang sulit dijangkau karena jarak dan geografis harus dikirim lebih awal, tanggal 15 Januari 2017 sudah harus sampai di kabupaten/kota, mengingat masih ada proses sortir. Bagi daerah yang mudah dijangkau, distribusi sampai tanggal 1 Februari 2017.

“Proses sortir tersebut untuk memastikan kondisi surat suara dalam kondisi bagus. Apabila ditemukan ada bercak-bercak, tergores, dan rusak, KPU segera berkoordinasi dengan Panwas untuk dibuatkan berita acara, dan dikirim ke pabrik percetakan untuk diganti,” ujar Arief.

Semua proses distribusi tersebut juga harus berkoordinasi dengan pihak keamanan, naik TNI maupun Polri, bahkan pihak keamanan juga harus mengawal mulai dari pabrik hingga ke lokasi pengiriman, tambah Arief.

Koordinasi tersebut sangat penting. Selain untuk pengamanan surat suara, juga untuk mendukung proses transportasi, mengingat TNI Polri adalah institusi yang memiliki peralatan memadai untuk menjangkau daerah-daerah yang sulit, sehingga bisa mengejar target waktu distribusi.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Riskiyansyah menekankan segala macam logistik perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara pemilihan 2017 sudah harus sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS) paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara.

“Semua perlengkapan TPS tersebut harus sampai pada H-1, itu amanah Undang-Undang. Untuk itu khusus daerah Papua menjadi penting untuk diperhatikan, mengingat dari sisi geografis cukup berat,” tutur Ferry yang turut melakukan peninjauan di pabrik percetakan.(Arf/red. FOTO KPU/Rdk/Hupmas)

Sumber Berita : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2017/5620/Tinjau-Pencetakan-Surat-Suara-KPU-RI-Pastikan-Logistik-Tepat-Waktu

Mungkin Anda Menyukai