TINGKATKAN KOMPETENSI PEGAWAI, KPU BENTUK JFU PENATA KELOLA PEMILU

Surabaya, kpujatim.go.id- Kompetensi pegawai Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki peranan penting dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu di Indonesia. Karenanya, KPU merasa perlu mewadahinya dalam suatu jabatan fungsional (JFU) Penata Kelola Pemilu untuk meningkatkan kompetensi pegawai.

Tenaga Ahli Biro SDM KPU RI, Lutfi Kurniawan saat berkunjung ke KPU Jatim, menyampaikan bahwa selama ini untuk meningkatkan kompetensi pegawai, KPU sudah ada JFU Umum. “Namun, KPU merasa perlu untuk menspesifikkan JFU ini. Sehingga dibentuk JFU Penata Kelola Pemilu,” ungkap Lutfi (23/11).

JFU Penata Kelola Pemilu merupakan jabatan dalam lingkungan Instansi Pusat dan Daerah yang mencakup proses berkesinambungan dimulai dengan pengelolaan perencanaan pemilu, pengelolaan tahapan kepemiluan, pengelolaan logistik pemilu, pelaksanaan pemilu, monitoring evaluasi dan pelaporan pelaksanaan pemilu, serta pengelolaan terhadap sengketa pemilu.

Lutfi melanjutkan, beberapa kegiatan Penata Kelola Pemilu antara lain, mengumpulkan data untuk persiapan metode pendidikan pemilih, mengumpulkan bahan dan data awal pelaksanaan survei/ kajian pemilu, mengumpulkan laporan hasil pelaksanaan pemilu, menyiapkan bahan riset resiko pelaksanaan pemilu, mengumpulkan bahan verifikasi peserta pemilu, mengumpulkan bahan verifikasi data wilayah pemilu, dan sebagainya.

“JFU Penata Kelola Pemilu, saat ini sudah ada naskah akademiknya dan disetujui oleh Kemenpan-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara- Reformasi dan Birokrasi-red). Dan dalam waktu yang tidak lama akan dilakukan Uji Petik,” ujar Tenaga Ahli Biro SDM KPU RI ini.

Uji Petik yang dilakukan Kemenpan-RB, maksudnya adalah Kemenpan-RB akan mengukur beban kerja dari jabatan Penata Kelola Pemilu dengan melihat tiga (3) wilayah yang memiliki beban kerja yang tinggi, sedang dan rendah. “Menyiapkan Uji Petik ini, KPU RI melakukan Pra-Kondisioning di beberapa KPU Provinsi, termasuk salah satunya KPU Jatim. Sehingga ketika suatu saat yang terpilih menjadi sampel Uji Petik adalah KPU Jatim, maka sudah benar-benar siap,” pungkas Lutfi.

(AACS)

http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/tingkatkan-kompetensi-pegawai-kpu-bentuk-jfu-penata-kelola-pemilu/

Mungkin Anda Menyukai