SEMUA PPNPN KPU JATIM KINI MILIKI JAMINAN KESEHATAN

Surabaya, kpujatim.go.id- Para Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) mendapatkan kado indah di awal tahun. Saat ini mereka semua telah memiliki jaminan kesehatan. PPNPN di KPU Jatim ini terdiri dari komisioner, pegawai honorer, dan pegawai kontrak, yang penghasilannya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Sekretaris KPU Jatim, HM. Eberta Kawima saat diwawancarai, menuturkan bahwa jaminan kesehatan diterapkan untuk semua PPNPN di KPU Jatim dalam rangka melakukan proteksi kesehatan. “Disamping merupakan program pemerintah yang mewajibkan PPNPN untuk ikut jaminan kesehatan, upaya penerapan jaminan kesehatan ini sebagai upaya untuk melakukan proteksi kesehatan. Karena Kita tidak tahu kapan datangnya sakit. Dan sakit ini sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia,” tutur Wima (11/01/2017).

Dasar penerapan jaminan kesehatan di lingkungan KPU Jatim ini yakni, Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, yang telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2016. Selain itu juga Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2013 tentang Tata Cara Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.05/2012 tentang Tata Cara Pembayaran dalam Rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, serta Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor Per-31/PB/2016 tentang Tata Cara Pembayaran Penghasilan Bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) yang Dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara .

Adapun pembayaran iuran jaminan kesehatan PPNPN sebesar 5% dari penghasilan tetap bulanan. Mekanisme pembayaran iuran jaminan kesehatan PPNPN, sebesar 3% dibayarkan oleh Pemerintah Pusat selaku pemberi kerja melalui DIPA APBN. Kemudian 2% lainnya, diambilkan dari iuran peserta yang dipotongkan langsung di Surat Perintah Membayar (SPM), karena pembayaran penghasilan PPNPN di KPU Jatim langsung masuk ke rekening masing-masing penerima/ PPNPN.

(AACS)

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/semua-ppnpn-kpu-jatim-kini-miliki-jaminan-kesehatan/

Mungkin Anda Menyukai