RUU PEMILU INGINKAN PENGUATAN KELEMBAGAAN PARPOL

Surabaya, kpujatim.go.id- Salah satu isu dalam Rancangan Undang-undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu) inginkan penguatan kelembagaan di tubuh partai politik. Demikian yang disampaikan narasumber, Kris Nugroho pada Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Tahapan, Pencalonan, Pemungutan dan Penghitungan Suara, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pilkada Tahun 2015 serta Proyeksi Kesiapan Pilkada Tahun 2018, yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) di hotel Quest Surabaya kemarin.

Pada paragraf 6 Draf RUU Pemilu Pasal 30 Huruf n tentang Pola Pencalonan Anggota  DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota menyebutkan ‘menjadi anggota Partai Politik Peserta Pemilu setidak-tidaknya selama 10 (sepuluh) tahun untuk calon anggota DPR, setidak-tidaknya selama 5 (lima) tahun untuk calon anggota DPRD Provinsi, dan setidak-tidaknya selama 3 (tiga) tahun untuk calon anggota DPRD Kabupaten/Kota’.

Menurut Kris,” Pasal ini menjadi instrumen penguatan tata keloa organisasi partai, menciptakan kade loyal, mencegah kader untuk berpindah-pindah partai. Karena kelemahan parpol di Indonesia, selama ini kaderisasi parpol lemah, kader tidak tertata dengan baik, memiliki kecenderungan pragmatis dalam proses pencalonan dan sekaligus mendisiplinkan partai dalam proses pencalonan”.

Namun, pasal ini sekaligus memberikan tugas berat untuk KPU selaku penyelenggara pemilu. “KPU memiliki tugas untuk menetapkan, memonitor, dan supervisi. KPU secara administratif harus cermat menyoroti caleg-caleg ini. Jika pasal ini disahkan, KPU juga harus diberi kewenangan tambahan untuk mengeliminasi caleg yang memalsukan identitasnya dan menanggalkan jabatan anggota legislatif yang palsu identitasnya,” jelas Dosen FISIP Universitas Airlangga Surabaya ini (28/12).

Divisi Teknis KPU Jatim, Muhammad Arbayanto ikut memberikan tanggapan atas yang telah disampaikan oleh narasumber. “Bila betul-betul pasal ini disepakati nantinya, akan memberikan dampak positif juga untuk pengkaderan. Dan menjadi tugas KPU untuk melakukan pengawasan. KPU pun harus punya data daftar keanggotaan parpol tersebut,” ujar pria yang akrab disapa Arba ini.

(AACS)

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/ruu-pemilu-inginkan-penguatan-kelembagaan-parpol/

Mungkin Anda Menyukai