RELAWAN DEMOKRASI KPU JATIM SOSIALISASIKAN KEPEMILUAN MELALUI RPP

Surabaya, kpujatim.go.id- Relawan Demokrasi Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), yang tergabung dalam KORELASI (Komunitas Relawan Demokrasi) jalankan tugasnya untuk ikut membantu KPU dalam mensosialisasikan Kepemiluan dan Demokrasi di masyarakat. Hal ini nampak dilakukan oleh salah satu anggota KORELASI, Hotijah yang mengajak komunitasnya untuk belajar mengenai Kepemiluan dan Demokrasi di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Punakawan KPU Jatim, hari ini, Senin (30/01/2017), jam 11 siang.

Hotijah mengungkapkan, “Kedatangan Saya kali ini dalam rangka menjalankan tugas sebagai relawan demokrasi, yang ikut mensosialisasikan terkait pemilu dan demokrasi serta mengajak teman-teman dari komunitas Saya untuk belajar kepemiluan di RPP KPU Jatim”.

Dipandu oleh Tim Pemandu, Eddy Prayitno, Umi Fadilah, dan Alrisa Ayu, anggota KORELASI beserta tiga teman dari komunitasnya, yakni Ria Rosalina, Dina Ratnawati, dan Rahid Prasetyo berkeliling RPP Punakawan mempelajari pentingnya pemilihan umum dan demokrasi, sejarah pemilihan umum di Indonesia, peserta pemilihan umum dari tahun 1955-2014, penyelenggara pemilihan umum dari tahun 1955-sekarang, sistem pemilihan umum di dunia, tahapan penyelenggaraan pemilihan umum di Indonesia, tata cara pemungutan dan penghitungan suara, tata cara rekapitulasi dan penetapan calon/ pasangan calon terpilih, struktur organisasi KPU, dan sebagainya.

Yang paling menarik dari kunjungan kali ini adalah ketika pengunjung bermain games analisis orbit stakeholders. Pengunjung yang berasal dari komunitas organisasi ekstra kampus ini mendiskusikan stakeholder yang dinilai paling dekat dan paling jauh dari KPU. Masing-masing orang memiliki pendapat yang berbeda, serta menyampaikan alasannya. Diskusipun mengalir dan berjalan interaktif. Setelah semua mengutarakan pendapatnya, dan merasa ingin mengetahui jawabannya, Tim Pemandu menyampaikan bahwa permainan ini disebut pula dengan permainan tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar, sehingga jawaban dari semua pengunjung tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar. “Dengan melihat diskusi yang interaktif ini, menunjukkan maksud dari permainan ini telah sampai kepada pengunjung RPP,” terang Eddy.

Di akhir kunjungan, salah satu pengunjung, Rahid. Menuturkan bahwa dengan belajar kilat dari RPP Punakawan, dia mendapatkan gambaran mengenai pemilihan umum. “Kami berterima kasih kepada KPU Jatim, karena semula Kami tidak begitu mengerti mengenai pemilu, tapi sekarang memiliki gambaran terkait pemilu itu seperti apa,” kata Rahid.

(AACS)

Sumber Berita : https://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/relawan-demokrasi-kpu-jatim-sosialisasikan-kepemiluan-melalui-rpp/

Mungkin Anda Menyukai