PLENO PEMUTAKHIRAN DATA BERKELANJUTAN PERIODE JULI 2020

Bondowoso, Data Pemilih merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum atau yang biasa disebut dengan Pemilu, mulai dari Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, Gubernur dan Wakil Gubernur hingga Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota.

Dalam hal tersebut Komisi Pemilihan Umum akan terus melakukan Pemutakhiran Data Pemilih untuk memastikan keakuratan jumlah pemilih pada saat pelaksanaan Pemilihan Umum.

Pemutakhiran data ini dilakukan secara berkelanjutan dengan tujuan untuk memperbaharui data pemilih dan untuk pemeliharaan data Pemilih sehingga dapat mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan data pemilih pada pemilu atau pemilihan umum selanjutnya.

“pemutakhiran data berkelanjutan adalah kegiatan yang harus dilakukan oleh KPU kab/kota yang tidak menyelenggarakan pemilihan untuk menjaga dan memelihara daftar pemilih tetap, dengan harapan mendapatkan daftar pemilih tetap berkualitas pada pemilihan atau pemilu mendatang,” kata Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Bondowoso, Ali Mushofa.

Pemutakhiran data dilakukan untuk mengupdate data pemilih sehingga memenuhi aspek komprehensif, akurat, dan mutakhir. Kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan ini dilaksanakan setiap bulan, dengan memperhatikan penduduk yang pindah datang,  pindah keluar, Pemilih  pemula,  Pemilih meninggal dan perubahan elemen data pemilih.

Hanya saja Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bondowoso perlu mengatur strategi untuk mendapatkan data pemilih yang akurat, karena dalam urusan tersebut pihak Dispendukcapil tidak berhak memberikan data penduduk by name by address dan pihaknya hanya berwenang memberikan masukan yang dikoordinasikan oleh pihak KPU. Hal ini disampaikan oleh pihak Dispendukcapil saat menghadiri Rapat Pleno Terbuka yang dilaksanakan di Gedung Media Center KPU Kabupaten Bondowoso yang juga dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Muhammad Mahsun, Selasa (04/08).

Selanjutnya, Divisi Perencanaan Data dan Informasi Ali Mushofa, menyampaikan, “terimakasih kepada pihak Bawaslu dan Dispendukcapil yang telah hadir dalam Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran Data Berkelanjutan periode Juli 2020 dan terimakasih juga atas saran dan masukan yang diberikan demi perbaikan pemutakhiran selanjutnya,” ucapnya.

Kemudian Ali Mushofa membacakan hasil rekapitulasi Pemutakhiran Data Berkelanjutan periode Juli 2020 yang dituangkan dalam Berita Acara Nomor : 15/BA/KPU-Kab.014.329693/VIII/2020, dengan rincian Daftar Pemilih Berkelanjutan :Laki-laki 288.441,Perempuan 311.334, sehingga total keseluruhan Daftar Pemilih Berkelanjutan Kabupaten Bondowoso periode Juli 2020 sebanyak 599.775,dari jumlah total tersebut terjadi penambahan potensi pemilih baru dari periode bulan Juni sebanyak 16 pemilih, 10 potensi pemilih baru laki-laki dan 6 potensi pemilih baru perempuan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bondowoso, Muhammad Mahsun, mengatakan, “ada beberapa kendala teknis terutama terkait tentang sulitnya akses untuk memperoleh data dan bawaslu sendiri hanya ingin memastikan bahwa data ini sudah benar-benar dimutakhirkan”, ujarnya saat diwawancarai penulis.

Selain itu, pihak Bawaslu juga memberikan saran-saran bagaimana untuk mengoptimalkan langkah-langkah dalam memperoleh data yang akurat selain dari Dispendukcapil, karena menurutnya ada beberapa pihak yang masih memungkinkan dan berpeluang untuk dimintai data seperti pemerintahan desa/kelurahan atau kecamatan.

Selanjutnya, Divisi Perencanaan Data dan Informasi Ali Mushofa, menyampaikan, “terimakasih kepada pihak Bawaslu dan Dispendukcapil yang telah hadir dalam Pleno Rekapitulasi Pemutakhiran Data Berkelanjutan periode Juli 2020 dan terimakasih juga atas saran dan masukan yang diberikan demi perbaikan pemutakhiran selanjutnya,” ucapnya.

Perlu diketahui bahwa KPU Kabupaten Bondowoso dalam melangsungkan acara ini tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.(ndi)

Mungkin Anda Menyukai