PERSIAPKAN PILKADA 2018, KPU JATIM GELAR RAPAT ULP

Surabaya, kpujatim.go.id– Dalam rangka mempersiapkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) gelar rapat Unit Layanan Pengadaan (ULP) hari ini, Rabu, tanggal 22 Maret 2017 jam 2 siang di ruang Media Center KPU Jatim. Rapat ULP diikuti Tim ULP, Tim Pejabat Penerima Hasil Pekerjaan (PPHP), Pejabat Pengadaan, Operator Sistem Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), Operator Sistem Informasi Logistik (SILOG), Operator Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik Negara (SIMAK-BMN), dan Web Admin.

Divisi Umum; Keuangan dan Logistik KPU Jatim, Dewita Hayu Shinta menyampaikan bahwa Pilgub, Pilpres, dan Pileg tahun sebelumnya tentunya banyak memberikan pembelajaran. “Untuk penyelenggaraan Pilkada Tahun 2018, Kita harus membuat sebuah mekanisme agar tidak ada resiko hukum terkait pengadaan. Pada prinsipnya mekanisme pengadaan seperti biasanya. Yang berbeda mekanisme teknisnya,” kata perempuan yang akrab disapa Shinta ini (22/03/2017).

Shinta melanjutkan, “Yang berbeda ialah mekanisme teknisnya. Karena saat ini KPU RI menggunakan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) KPU RI sendiri. KPU RI merasa perlu memiliki LPSE karena untuk prinsip independensi”.

Divisi Umum; Keuangan dan Logistik KPU Jatim ini menuturkan pula pengadaan yang sekarang ini juga akan menggunakan e-katalog. Sehingga memperkecil resiko-resiko. Selain itu, KPU RI saat ini membangun sebuah sistem yang saling melakukan pengawasan. KPU RI mempunyai Inspektorat. Sehingga yang bisa mengaudit KPU adalah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). “Ini adalah langkah-langkah agar pengelolaan keuangan benar penggunaannya,” ucap Shinta.

Shinta pun berharap, pada pelaksanaan Pilkada Tahun 2018, Sekretariat maupun Komisioner di lingkungan KPU Jatim tidak akan menerima apapun, baik dalam bentuk uang maupun barang dari rekanan.

(AACS)

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/persiapkan-pilkada-2018-kpu-jatim-gelar-rapat-ulp/

Mungkin Anda Menyukai