Pelaksanaan Pilkada 2020 Dimasa Pademi Covid-19 Jadi Topik Diskusi Online

Bondowoso, Selasa, (16/07) Ketua KPU Kabupaten Bondowoso dan anggota mengikuti diskusi online dengan tajuk tema “Keamanan Dan Keselamatan Penyelenggara, Peserta Dan Pemilih Serentak Dimasa Pandemi Covid-19.
Acara tersebut di ikuti oleh beberapa anggota KPU, Bawaslu Kabupaten/ Kota. Hadir dalam acara tersebut pemateri antara lain Zulfikar Arse Sadikin, S.Ip.,M.SI (Anggota Komisi II DPR RI), Yusftriadi (Yayasan visi Nusantara maju dan direktur DEEP Indonesia), Purnomo Santrio Pringgo digdo, SH., M.H (Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur), Muhammad Arbayanto, S.H., M.H (Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur) Tidak Lupa host dalam acara kali ini adalah Ummi Wahyuni, S.Pt., M.M (Ketua KPU Kabupaten Bogos dan di moderatori oleh Nikmatus sholehah (S.Pd,.M.M( Anggota KPU Blitar).

 
Acara dimulai dari pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB dengan beberapa pemateri yang secara bergantian memaparkannya dimulai dari bang Zulfikar (Panggilan Akrabnya) menyampaikan terkait dengan pemilu pilkada dimasa pandemi covid-19 yang dilaksanakan di 19 kabupaten/Kota poin penting yang perlu dicermati yaitu Pertama, beberapa anggaran, karena anggaran di KPU Kabupaten/ Kota di 19 Kabupaten/ Kota yang akan melaksanakan pilkada bertepatan 9 Desember 2020 menyarankan anggaran harus kredibel dan akuntabilitas yang dipergunakan untuk kegiatan Pemilihan mulai dari Tahapan Hingga sampai tahapan pemilihan. Kedua, hak politik, hak penyelengga dan hak pemilih harus di lindungi undang-undang ditengah pademi covid-19.
Dilanjutkan dengan narasumber dari Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur (Purnomo Santrio Pringgo Digdo, SH., M.H) menyampaikan tugas penting bawaslu dalam pemilihan kali ini terkait pencegahan, pengawasan, penanganan pelanggaran perkara dan penyelesaian sengketa, serta melaksanakan tugas tersebut sesuai dengan SOP Protokol Kesehatan dengan memperhatikan keselamatan.
Diskusi online tersebut semakin terarah dan antusias secara teknis KPU dan Bawaslu Kabupaten/ Kota penyelenggaran pemilu dimasa pandemi covid-19 dengan harapan dapat dilaksanakan dengan lancar.
Pada kesempatan tersebut Ketua KPU Bondowoso yang turut serta dalam diskusi online tersebut mengatakan “Saya banyak belajar dari teman-teman 19 KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan pilkada pada tahun 2020, karena ini merupakan hal baru bagi saya pribadi yang nantinya akan melaksanakan pilkada di tahun 2023, dimana masa- masa pademi covid-19 harus waspada, karena banyak hal harus terfikirkan memikirkan pribadi, orang lain dan memikirkan teman serta sahabat kita terutama tentang protokol kesehatan. Bagi saya ini hal baru dan ilmu baru pelaksanaan pemilihan dimasa pademi covid-19. Ungkap cak jun sapaan akrabnya. (Mhib)

Mungkin Anda Menyukai