“Ngoppi Virtual” Menggagas Pemilos Sebagai Miniatur Pemilu

Bondowoso, Rabu, (19/08). Ali Mushofa, Komisioner KPU Bondowoso Divisi Perencanaan dan Data Bersama Heniwati (Divisi Teknis Penyelenggaraan) mengikuti ngoppi bareng melalui via virtual bersama Bawaslu Kabupaten Bondowoso, KPU Bondowoso serta Dewan Pendidikan dalam rangka Ngobrol Seputar Pengawasan Pemilu.
Mohammad Makhsun, Ketua Bawaslu Bondowoso sebagai narasumber menyampaikan terkait Menggagas pemilos sebagai miniatur pemilu. Dimana tingkat partisipasi di Kabupaten Bondowoso masih minim, terlebih terkait pelanggaraan pemilu. Karena belum maksimalnya fungsi pengawasan pemilu, yang sasarannya pemilih pemula.
“Bawaslu ingin memulainya dengan menggandeng bersama sekolah mengengah atas yang segmen sasarannya pemilih pemula. Dalam hal ini Program bawaslu mengajar dan pendampingan terhadap pemilos. Karena di tingkat pemilos hanya ada teknis pemilu, bawaslu menginginkan pemilos dilaksanakan sama dengan pemilu pada umumnya. Ungkapnya


Pada kesempatan itu, Ali Mushofa, Divisi Perencanaan Dan Data menyampaikan ngoppi bareng hari ini terkait menggagas pemilos sebagai miniatur pemilu dengan tujuan “Bagaimana pemilos yang ada disekolah tingkat SMA/MA/ SMK sederajat menggambarkan teknis pemilu dan Mengenalkan proses demokrasi yang sebenarnya, dengan harapan siswa mempunyai pengalaman ketika terjun di masyarakat.
Ali Mushofa berharap, Pemilih pemula kita harapkan menjadi embrio para pelaku politik atau demokrasi, karena Pemilos sangatlah penting untuk siswa-siswi yang merupakan generasi yang akan datang.
Dilanjutkan Dewan Pendidikan (Daris Wibisono) menyampaikan “Jika untuk melakukan MOU secara masif kesekolah melalui kantor cabang dinas (Kacabdin) dan Mou Kesekolah Masing- masing”. Ungkapnya (Mhib)

 

Mungkin Anda Menyukai