Ngaji PKPU KPU Bondowoso Bahas Lanjutan Penangan Pelanggaran Kode Etik Pemilu

Bondowoso – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bondowoso melanjutkan ngaji bareng Putusan KPU RI Nomor 337 tahun 2020 tentang Pedoman teknis penanganan pelanggaran kode etik, kode perilaku, sumpah, janji, dan / atau pakta integritas anggota panitia pemilihan kecamatan, panitia pemungutan suara, dan kelompok penyelenggara pemungutan suara. Ngaji Regulasi ini dilaksanakan di aula kantor KPU Bondowoso dan dihadiri oleh seluruh komisioner, sekertaris, kasubbag, dan staff yang bertugas, Selasa (08/09/2020).

Acara dimulai pada jam 10.30 WIB dan di buka langsung oleh Ketua KPU Bondowoso Junaidi. Dalam pembukaannya Junaidi menyampaikan Bahwa pentingnya memahami Kode etik dan perilaku yang harus dijadikan panduan sehari-hari bagi penyelenggara pemilu. Kode etik dan perilaku ini juga akan mendisiplinkan penyelenggara pemilu dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi”

Pembahasan kemudian dilanjutkan oleh Amirudin Makruf. Amirudin Makruf berpesan untuk tidak sembarangan menafsirkan kode etik dan perilaku. Sehingga pada ngaji regulasi kali ini semua peserta agar dapat memahami tentang penangan kode etik, kode perilaku, sumpah, janji, dan / atau pakta integritas anggota panitia pemilihan kecamatan, panitia pemungutan suara, dan kelompok penyelenggara pemungutan suara yang terjadi sebelumnya pada pemilu tahun 2019.

Ngaji PKPU selesai pada jam 12.00 WIB, dan akan dilanjutkan pada minggu yang akan datang dengan simulasi praktek langsung terkait penaganan kasus pelanggaran kode etik ditinggat PPK dan PPS. (Umam)

Mungkin Anda Menyukai