Ngaji PKPU Komisioner & Kasubbag Bahas Pengalaman Pada Saat Pilkada 2018

Bondowoso, Selasa 14 Juli 2020 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bondowoso kembali melaksanakan kegiatan rutin mingguan. Ngaji PKPU kembali dilaksanakan bahas lanjutan tentang PKPU No.05 Tahun 2020 terkait penyelenggara, dari pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon, pelaksaan kampanye, pemungutan suara, hingga penyelesaian sengketa.

Acara dibuka oleh ketua KPU Junaidi tepat pada jam 10.00 WIB melalui Aplikasi Zoom Meetings KPU Bondowoso. Dalam sambutannya ketua KPU Bondowoso Junaidi menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran KPU Bondowoso yang tetap antusias untuk tetap mengikuti acara ngaji PKPU. Hal ini membuktikan kesolidan dan kekompakan diinternal KPU Bondowoso. Seperti biasa ngaji PKPU kemudian dilanjutkan oleh Divisi Hukum Amirudin Makruf untuk memimpin jalanya diskusi serta Kasubbag Hukum Ahmad Fauzan menjadi moderator pada acara tersebut.

Pada minggu sebelumnya telah dibahas terkait Perencanaan Program dan Anggaran, Pembentukan Badan Adhoc, dan Pemutakhiran Data Pemilih, dan saat ini akan dibahas terkait penyelenggaraan dimana kita akan membahas tentang pencalonan, pelaksanaan kampanye, hingga nanti sampai penyelesaian sengketa dan evaluasi dan pelaporan tahapan. ungkap Ahmad Fauzan pada saat memimpin sebagai moderator. Pada ngaji kali ini, Komisioner & seluruh kasubbag berbagi pengalaman saat tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati kabupaten bondowoso pada tahun 2018.

Ketua KPU Junaidi berbagi pengalaman dalam rapat kali ini. Ia membahas terkait pemenuhan persyaratan dukungan calon perseorangan, partai politik, hingga tahapan penentuan pasangan calon. Tidak hanya itu, pengalaman pada tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2018 tidak ada sengketa pada saat ia menjabat menjadi komiaioner divisi Hukum KPU Bondowoso, sehingga pembahasan dilanjutkan ketahapan kampanye. Kemudian dilanjutkan kasubbag hukum membahas tahapan kampanye.

“Pada tahapan kampanye, pasangan calon diwajibkan untuk melaporkan Dana kampanye dengan menyerahkan laporan berupa LADK, LPSDK, LPPDK. Pada pembukaan rekening Dana kampanye, partai politik maupun gabungan partai politik wajib menyerahkan RADK atas nama pasangan calon, dan bukan atas nama partai politik pasangan calon.” Jelas Ahmad Fauzan kasubbag hukum KPU Bondowoso.

Ngaji PKPU berkahir pada jam 12.00 WIB hingga bahasan pada PKPU No.05 Tahun 2020 kali ini dinyatakan selesai hingga bab akhir tetkait Evaluasi dan Pelaporan Tahapan. Acara ditutup oleh Komisioner KPU Divisi Hukum Amirudin Makruf dan akan dilanjutkan pada minggu selanjutnya terkait PKPU No.06 Tahun 2017. (UM)

Mungkin Anda Menyukai