Memasuki Tahapan Pilkada 2020, KPU Jatim laksanakan Bimtek Pencalonan

Sidoarjo, Memasuki Tahapan Pencalonan pada Pemilihan Serentak Tahun 2020, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) mengadakan Bimbingan Teknis Tata Cara Pencalonan Bersama dengan KPU Kabupaten/ Kota se-Jawa Timur. Bimtek diselenggarakan selama dua (2) hari, Senin-Selasa, tanggal 16 s.d 17 Desember 2019 di hotel Fave Sidoarjo, jalan Jenggolo Nomor 15 Sidoarjo.

Bimbingan Teknis tersebut di ikuti 38 KPU Kabupaten/Kota se Jawa Timur  yang mengikut sertakan Anggota Komisioner Divisi Teknis Penyelengaraan, Divisi Hukum dan Pengawasan serta Kasubbag Teknis dan Hupmas

Sekretaris KPU Jawa Timur saat menyampaikan laporan pelaksanaan mengungkapkan bahwa walaupun yang melaksanakan hanya 19 KKPU Kabupaten/Kota yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah, namun acara bimtek juga mengikutsertakan 19 KPU Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan dengan tujuan KPU Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan mengerti dan tahu juga tentang perubahan regulasi yang ada sekaligus membantu mesosialisasikan perubahan regulasi tersebut.

“Tahapan Pencalonan merupakan salah satu tahapan krusial dalam pemilihan. “Tahapan Pencalonan pada pemilihan merupakan salah satu tahapan yang sangat krusial, satu strip di bawah tahapan Tungsura. Karena 30% lebih laporan kepada DKPP, biasanya lekat hubungannya dengan tahapan Pencalonan ini,” ungkap Kaetua KPU Prov Jawa Timur saat membuka acara bimtek.

Lebih lanjut Ketua KPU Jawa Timur menjelaskan, “Sehingga butuh ekstra kehati-hatian dalam melaksanakan tahapan Pencalonan ini. Jangan hanya dipasrahkan kepada Sekretariat saja dalam pelaksanaannya. Namun, peran serta dan pendampingan Komisioner sangat dibutuhkan pada tahapan ini”.

Komisioner Jawa Timur 2 periode  ini menuturkan pula bahwa pada tahapan Pencalonan akan membutuhkan banyak sumber daya manusia. Dan akan semakin baik bila KPU Kabupaten/ Kota melakukan simulasi di internal untuk beberapa tahapan pada tahapan Pencalonan. (rull)

Mungkin Anda Menyukai