Mari Berpolitik Yang Beretika

Jember, Kamis, (17/10). Ketua KPU Bondowoso, Junaidi bersama Koordinator Wilayah (Korwil) Hukum dan Pengawasan, Amirudin Makruf menghadiri Seminar Nasional Evaluasi Pelaksanaan Pemilu Serentak 2019 yang diselenggarakan oleh BAWASLU Provinsi Jatim di Hotel Dafam Lotus, Jember.

Acara dibuka oleh Kordiv Hukum, Data, dan Informasi Purnomo pringgodigdo. Acara dilanjutkan oleh seminar yang diisi oleh 4 narasumber.

Narasumber pertama, adalah Dosen fakultas Hukum UNEJ, Eddy Mulyono. Paparan eddy ditutup dengan kesimpulan bahwa evaluasi pemilu serentak tidak bisa dipisahkan dari tahapan sebelumnya dan merekomendasikan adanya perubahan undang-undang pemilu secara parsial.

Materi Kedua,¬† diisi oleh Hari Putri lestari. Anggota DPRD Jawa Timur, Komisi E, fraksi PDIP Legislator yang sudah 2 kali gagal nyaleg menutup paparan dengan pesan “Mari berpolitik yang beretika dan tidak melanggar hukum“.

Materi Ketiga, diisi oleh Ikhwanuddin alfianto Bawaslu provinsi Jatim Divisi Penindakan memberikan paparan  tentang Urgensi Pengawasan Pemilu, dan ditutup dengan Saran perbaikan :

  • Penyempurnaan dan keterpaduan regulasi
  • Sinergi antara penyelenggara PEMILU

Materi Keempat atau terakhir disampaikan oleh Ilham Saputra, Divisi SDM KPU RI. Dalam paparannya Ilham menitikberatkan pada evaluasi dalam siklus PEMILU. (Udin)

Mungkin Anda Menyukai