Lima Perempuan Sukses Menuju Parlemen

Bondowoso- Dari 45 anggota legislatif DPRD Kabupaten Bondowoso hasil Pemilu 2019, lima diantaranya adalah kaum perempuan, sisanya 40 orang adalah laki-laki. Sehingga keterwakilan perempuan di parlemen Bondowoso hanya 11,11 persen.

Lima perempuan yang akan mewarnai perjalanan DPRD Bondowoso selama lima tahun ke depan itu adalah Siti Rukayah dari PKB , Siti Masyarafatul Manna Wassalwa, S.H.I M.Pd dari PPP. Keduanya terpilih di Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Pujer, Tlogosari, Sukosari, Sumber Wringin dan Ijen.

Kemudian Basriyanti dari Partai Golkar dari Dapil 4 yang meliputi Kecamatan Tamanan, Maesan, Grujugan dan Jambisari Darus Sholah,

Sedangkan Deni Kurniawati, S. Pd dari PKB dan  Sofi Indriasari, ST  dari PDI- Perjuangan terpilih di Dapil 5 yang meliputi Kecamatan Binakal, Curahdami, Tegalampel, Taman Krocok, Pakem dan Wringin.

“Sebanyak 45 orang calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Bondowoso hasil pemilu 2019 telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Bondowoso pada Senin, 22 Juli 2019 bertempat di Aula Palm Hotel,” kata Heniwati selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan.

Menurut Heniwati, dari 16 parpol peserta pemilu 2019 di Kabupaten Bondowoso, yang memperoleh kursi hanya 8 parpol sedangkan sisanya 8 partai tidak mendapatkan kursi untuk DPRD Kabupaten Bondowoso. 8 parpol yang mendapatkan kursi itu adalah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapatkan 14 kursi, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) 7 Kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP)  6 Kursi dan Partai Golkar masing-masing 6 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5 kursi, Partai Gerindra 4 Kursi, Partai Demokrat 2 kursi, dan Partai Amanat Nasional (PAN)memperoleh 1 kursi.

Jadi semuanya sebanyak  45 kursi untuk DPRD Kabupaten Bondowoso periode 2019-2024.

“Sedangkan 8 parpol yang tidak mendapatkan kursi untuk DPRD Kabupaten Bondowoso adalah partai  Nasdem, Partai Garuda, Partai Berkarya, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang dan PKP Indonesi”  Tegasnya.

(Muhib)

Mungkin Anda Menyukai