KPU RI Apresiasi Kinerja KPU Provinsi Jawa Timur

KPU RI memuji kinerja KPU Provinsi Jawa Timur yang telah mampu menyelenggarakan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu Serentak 2019 dengan baik. Indikatornya, tidak ada persoalan dalam Pilkada Serentak serta gugatan di Mahkamah Konstitusi untuk kawasan Madura dinyatakan ditolak.

“Terimakasih atas kerja keras dan ikhlas menyukseskan Pemilu 2019,” kata Anggota KPU RI Ilham Saputra ketika memberikan pengarahan Rapat Koordinasi Monitoring/ Evaluasi dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc Pemilu 2019 yang diselenggarakan KPU Provinsi Jawa Timur di Trawas, Rabu (14/8).

Namun, kata Ilham, keberhasilan kinerja penyelenggaraan Pemilu tersebut perlu dilengkapi dengan kesuksesan pengelolaan keuangan. Targetnya, KPU RI harus kembali mendapatkan opini laporan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Mari kita sama-sama tingkatkan kualitas pekerjaan agar lebih baik lagi agar KPU dapat WTP, ” tegasnya.

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam menambahkan, KPU Provinsi Jawa Timur terus mendorong KPU Kabupaten/Kota untuk meningkatkan kualitas pengelolaan anggaran. Di antaranya, KPU Provinsi Jawa Timur berkomitmen untuk membina dan membimbing mekanisme pengelolaan keuangan, pertanggungjawaban anggaran, serta penyusunan laporan keuangan.

“Kualitas laporan keuangan KPU Provinsi Jawa Timur semakin meningkat yang ditandai dengan semakin sedikitnya temuan audit,” ucapnya.

Choirul Anam berharap, Provinsi Jawa Timur dapat menjadi penggerak serta inovator dalam pengelolaan anggaran. Pasalnya, KPU Provinsi Jawa Timur merupakan provinsi yang paling banyak memiliki satuan kerja, yakni 38 Satker kabupaten/kota dan satu Satker KPU Provinsi.

“Harapannya, Pemilu Sukses dan laporan keuangan juga sukses,” ucapnya.

Dia menambahkan, turunnya status hasil dari pemeriksaan BPK RI dari WTP menjadi WDP berdampak pada belum bisa naiknya tunjangan kinerja di jajaran KPU. “Apabila ada kenaikan Tukin maka akan berdampak pula terhadap kenaikan uang kehormatan komesioner KPU Se Indonesia,”  pungkasnya.

(Sheli/jun/jok/idi)

Mungkin Anda Menyukai