KPU JATIM MINTA KABUPATEN/ KOTA TUNTASKAN PEMBANGUNAN RPP SEBELUM MARET BERAKHIR

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim), terus mengawal Pembentukan Rumah Pintar Pemilu (RPP) di 38 KPU Kabupaten/ Kota di wilayahnya. Seluruh KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur diminta menuntaskan pemabangunan RPP sebelum bulan Maret berakhir.

Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro, menyampaikan bahwa pembangunan RPP sudah harus diselesaikan maksimal pada akhir bulan Maret karena di dalam surat KPU RI Nomor 54/KPU/I/2017 yang terbit pada tanggal 16 Januari 2017 tersebut menginstruksikan pembangunan RPP di Triwulan I Tahun 2017. “Sampai sejauh ini, semenjak surat KPU RI turun, KPU Kabupaten/ Kota secara bergantian ke RPP Punakawan KPU Jatim untuk mempelajari pembangunan RPP. Dan sebagian besar sudah mulai mengerjakan pembangunan RPP,” kata Gogot (28/02/2017).

Hasil monitoring sampai dengan hari ini, Selasa, tanggal 28 Februari 2017, menurut Gogot sudah ada 26 RPP yang memiliki nama. “Nama-nama RPP rata-rata berasal dari kearifan lokal daerah setempat. Yang kemudian dikontekskan dalam Kepemiluan dan demokrasi. Sebagian lagi ada yang mengadobsi dari kata-kata Kepemiluan dan Demokrasi, yang selanjutnya menjadi akronim,” ungkap Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim.

Gogot melanjutkan, “Sebagian KPU Kabupaten/ Kota meski belum memiliki nama untuk RPP-nya, ada juga yang sudah melakukan proses pembangunan. Namun, ada pula sejumlah KPU Kabupaten/ Kota yang meminta penangguhan waktu untuk pembangunan RPP, sebab masih ada renovasi kantor/ gedung, maupun pindah kantor”. Hanya saja, menurut Gogot, KPU Kabupaten/ Kota yang mengajukan penangguhan, harus secepatnya mendirikan RPP setelah rehab atau pindah gedung selesai dilaksanakan.

Mengakhiri sesi wawancara, Gogot mengaku, KPU Jatim akan terus memonitoring dan mendampingi pembangunan RPP di KPU Kabupaten/ Kota.

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/kpu-jatim-minta-kabupaten-kota-tuntaskan-pembangunan-rpp-sebelum-maret-berakhir/

Mungkin Anda Menyukai