KPU JATIM INSTRUKSIKAN KPU KABUPATEN/ KOTA LAPORKAN KARTU KENDALI SPIP

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menginstruksikan kepada 38 KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur untuk melaporkan Kartu Kendali Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Laporan ini selambat-lambatnya disampaikan ke KPU RI tanggal 20 Januari 2016 untuk hardcopy-nya, dan tanggal 17 Januari 2017 untuk softcopy filenya.

Kartu Kendali SPIP ini menurut Satuan Tugas (Satgas) SPIP KPU Jatim, Yulyani Dewi digunakan untuk mengetahui sejauhmana kegiatan satuan kerja (satker) berjalan dan dilaksanakan. “Apakah kegiatan satker sudah sesuai dengan anggaran yang dikeluarkan. Sehingga ouput dan outcome kegiatan itu jelas,” ungkap Dewi (13/01/2017).

Menurut perempuan yang akrab disapa Dewi ini, dengan memiliki Kartu Kendali SPIP, akan membantu mempermudah lembaga saat ada audit. “Karena pada Kartu Kendali memuat seluruh bahasan audit. Tentunya auditor pun juga akan lebih mudah dalam melakukan audit,” jelas Satgas SPIP KPU Jatim.

Kartu Kendali SPIP ini terdiri dari berbagai jenis. Yakni, Kartu Kendali Kepegawaian, Keuangan Negara dan Hibah, Pengadaan, Persediaan dan Aset Barang Milik Negara, serta Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Satgas SPIP KPU Jatim ini berharap pula agar KPU kabupaten/ kota menyampaikan laporan Kartu Kendali SPIP tepat waktu dan memberikan tembusannya kepada KPU Jatim. Selain Kartu Kendali SPIP, KPU kabupaten/ kota diinstruksikan mengumpulkan laporan implementasi SPIP.

(AACS)

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/kpu-jatim-instruksikan-kpu-kabupaten-kota-laporkan-kartu-kendali-spip/

Mungkin Anda Menyukai