KPU JATIM ADAKAN FGD EVALUASI TAHAPAN PILKADA TAHUN 2015

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) selenggarakan Focus Group Discussion (FGD) terkait Evaluasi Tahapan Pencalonan, Pemungutan Suara dan Penghitungan Suara Pilkada Tahun 2015 serta Proyeksi Kesiapan Pilkada Tahun 2018, hari ini, Selasa, tanggal 27 Desember 2016 di hotel Quest Surabaya. Dijadwalkan FGD ini akan berlangsung dua hari, dari hari ini sampai dengan besok, hari Kamis.

Sekretaris KPU Jatim, HM. Eberta Kawima melaporkan bahwa kegiatan ini dihadiri sekitar 54 orang. Yang terdiri dari Divisi Teknis dari 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur, Ormas, LSM/ NGO, dan akademisi dari beberapa Perguruan Tinggi di Surabaya.

Selanjutnya Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menuturkan kegiatan FGD ini bertujuan ingin mendapatkan masukan terkait tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) tahun 2015 yang lalu. “Khususnya terkait dengan pencalonan, pemungutan dan penghitungan suara. Meskipun  pedoman terkait tahapan pilkada yang menyusun adalah KPU RI. Tapi jelas dalam hal-hal yang sifatnya teknis tetap saja KPU Kabupaten/ Kota dan Provinsi yang harus mengambil sikap, dan harus mengambil keputusan,” kata Eko saat memberikan sambutan pada pembukaan FGD (27/12/2016).

Eko menambahkan, “Disamping mengundang kawan-kawan KPU yang telah melaksanakan pilkada pada tahun 2015, Kita juga mengundang kawan-kawan KPU yang belum melaksanakan pilkada. Hal ini agar dapat mengambil pelajaran dari pilkada sebelumnya. Selain itu, diundang pula ormas dan akademisi, agar dapat memberikan masukan terhadap pelaksanaan pilkada tahun 2015,” papar Ketua KPU Jatim.

Sesuai jadwal yang telah dibagikan, pada malam hari ini akan ada diskusi kelompok dan FGD. Peserta dibagi menjadi empat kelompok, yang terdiri dari kelompok Pencalonan, Pemungutan Suara, Penghitungan Suara serta Rekapitulasi.

(AACS)

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/kpu-jatim-adakan-fgd-evaluasi-tahapan-pilkada-tahun-2015/

Mungkin Anda Menyukai