KPU Cek Kesiapan Pemilihan di Kepulauan Seribu

Jakarta, kpu.go.id – Menjelang pemungutan suara Pemilihan Serentak 2017 pada tanggal 15 Februari 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan pengecekan secara langsung kesiapan kondisi di lapangan. Salah satunya di Kabupaten Kepulauan Seribu yang masuk dalam wilayah DKI Jakarta.

Terutama soal Daftar Pemilih Tetap (DPT), KPU ingin memastikan semua penduduk yang berhak memilih bisa terdaftar dalam DPT. Khusus bagi Kepulauan Seribu, proses pemungutan suara akan tersebar dalam 39 Tempat Pemungutan Suara (TPS), dan keseluruhannya telah tercover dalam DPT.

“Apabila ada pemilih yang telah terdaftar dalam DPT, namun belum memiliki e-KTP, pemilih tersebut tetap bisa menggunakan hak suaranya, yaitu dengan mengggunakan surat keterangan,” tutur Komisioner KPU RI Ferry Kurnia Riskiyansyah saat meninjau kesiapan di Kantor Lurah Pulau Panggang, Kepulauan Seribu, Sabtu (4/2).

Selain cek DPT, Ferry yang hadir bersama Komisioner KPU RI Arief Budiman dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI Arif Rahman Hakim juga meninjau pelaksanaan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Pulau Pramuka.

“Yang menentukan Jakarta itu bapak ibu semua sesuai pilihan masing-masing. Jangan sampai ada politik uang, jangan gadaikan pilihan kita, sehingga pilkada ini berkualitas dan berintegritas. Kita harus pastikan semua proses pilkada ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Kami penyelenggara netral dan independen,” pungkas Ferry dihadapan warga masyarakat yang mengikuti simulasi di Pulau Pramuka.

Senada dengan Ferry, Komisioner KPU DKI Jakarta Dahlia Umar menegaskan bahwa penyelenggara pilkada harus profesional, tanggungjawab, dan berintegritas. KPU juga mempunyai komitmen transparan, yaitu dengan mempublikasikan hasil penghitungan suara per-TPS yang diunggah di laman KPU.

“Ini bentuk transparansi kami untuk menghindari kecurigaan. Kami ingin menunjukkkan KPU DKI Jakarta itu netral dan tidak berpihak. Kemarin kami juga melaporkan ke polisi soal akun media sosial yang memfitnah KPU DKI Jakarta, jadi tidak benar kami memihak kepada salah satu pasangan calon,” tegas Dahlia.

Dahlia juga meminta masyarakat harus bersemangat dengan pilkada ini, dan menggunakan hak pilihnya di TPS. Untuk itu, simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini dilaksanakan untuk memastikan seluruh proses telah dilakukan dengan benar. Sehingga apabila ada kekeliruan dan permasalahan, sejak awal sudah bisa diantisipasi.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Kabupaten Kepulauan Seribu Eric Pahlevi Zakaria yang mewakili Bupati Kepulauan Seribu, berharap masyarakat melihat proses pilkada ini adalah hal yang alami lima tahunan. Meskipun ada perbedaan, tetapi semua tetap bersaudara dan menjaga kedamaian di Kepulauan Seribu. (Arf/red. FOTO KPU/Dosen/Hupmas)

Sumber Berita : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2017/5669/KPU-Cek-Kesiapan-Pemilihan-di-Kepulauan-Seribu

Mungkin Anda Menyukai