KPU Bondowoso Hadiri Koordinasi Penyusunan Pertanggungjawaban Keuangan

KPU Kabupaten Bondowoso menghadiri Rapat Koordinasi Pertanggungjawaban Keuangan Badan Adhoc Pemilu 2019. Acara yang dihelat oleh KPU Provinsi Jawa Timur tersebut menghadirkan seluruh Ketua, Sekretaris serta pengelola keuangan KPU Kabupaten/Kota seluruh Jawa Timur.

 “Rapat koordinasi dan monitoring ini penting karena materinya terkait dengan pekerjaan dari sekretariat  terutama KPA, PPK serta Bendahara,” ungkap Ketua KPU Bondowoso Junaidi di sela Rapat Koordinasi tersebut di Aula Hotel Puncak Ayanna, Rabu (14/8).

Menurutnya, pengelola keuangan  harus mampu menjawab tantangan sesuai dengan realita dengan tetap memperhatikan aturan yang berlaku. “Profesionalitas secara tupoksi itu harus ada,” tegasnya.

Dalam rapat koordinasi tersebut, Kepala Bagian Akuntansi dan Pelaporan Sistem Akuntansi Instansi (AKLAP SAI) Fikri memberikan pembekalan teknis terkait dengan pengelolaan anggaran di satuan kerja di KPU RI. Di antaranya, pejabat pengelolaan keuangan memahami tugas dan fungsi masing-masing, sehingga dapat memperkuat pengendalian internal.

 “Jangan sampai, pejabat pengelola keuangan tidak memahami tugasnya,” tegasnya.
Kepala Sub Bagian Keuangan KPU Provinsi Jawa Timur Yulyani Dewi menambahkan, seluruh satker di KPU Provinsi Jawa Timur harus segera merapikan seluruh dokumen-dokumen pertanggungjawaban keuangan. Selain itu, para pejabat pengelola keuangan harus mampu segera memenuhi permintaan auditor bila diperlukan.

“Seluruh satuan kerja KPU di Jawa Timur harus siap untuk menghadapi pemeriksaan keuangan yang akan dilakukan oleh BPK,” ujarnya dalam sesi pertama acara tersebut, Rabu (14/8). (sheli/jun/idi)

Mungkin Anda Menyukai