Kode Etik Penyelenggara Jaga Kepercayaan Yang Kredibel

Jakarta, Kamis (26/9). Hari kedua Komisioner dan Sekretaris KPU Bondowoso mengikuti acara Orientasi Tugas Anggota KPU Kab/ Kota Gelombang IV Tahun 2019  yang dilaksanakan   di Hotel Grand Mercure Jakarta Harmoni.

Hari ini hadir Dr. Harjono, SH., MCL, Ketua DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) sebagai narasumber menyampaikan tentang Kode etik penyelenggara pemilu, ia mengatakan bahwa” Inti dari kode etik penyelenggara pemilu menjaga kepercayaan yang kredibel” Jelasnya.

Lebih lanjut, mengatakan “DKPP- tidak akan masuk pada ranah-ranah pribadi dan akan menghargai kearifan lokal, jaga image bersikap,  bertindak dan berbuat.

Sesi selanjutnya tentang pengawasan, penyelesaian sengketa pemilu dan tindak lanjut di jajaran KPU oleh Abhan, SH, MH selaku Ketua BAWASLU RI. Dan pada kesempatan itu juga hadir  Prof. Valina Singka (Anggota KPU RI Periode 2004- 2007) menyampaikan tentang perspektif penyelenggara pemilu dari periode ke periode.

Usai Istriahat Sholat dan Makan (Ishoma) dilanjutkan masuk kelas masing- masing, untuk KPU Bondowoso sendiri masuk kelas A.

Sementara itu, Sunfi Fahlawati, Komisioner KPU Bondowoso, Divisi SDM dan Parmas yang ikut serta dalam kegiatan tersebut mengatakan “Semua materi hari ini sangat berharga buat saya yang memang masih baru di komisioner, sebagai bekal buat menjalankan tupoksi ke depan dengan baik dan sesuai regulasi tentunya. Ada materi yang mungkin tidak bisa kita baca diliterasi Seperti sharing-sharing pengalaman dari  ibu valina singka sebagai mantan KPU RI” Ungkapnya.

Ditambah, Heniwati, Komisioner KPU Bondowoso, Divisi Teknis Penyelenggara mengatakan “Sangat menarik sekali dengan  metode diskusi yang dibuat menyenangkan dengan role play, sehingga diskusi berbagi pengalaman ini untuk bekal kita  menjadi pemimpin kedepan” jelasnya.

Kesempatan itu juga, Ali Mushofa, mengatakan” Etika penyelenggara sangat menarik kita diminta untuk mengaitkan teori dengan realita penyelenggara tahun 2019 kemaren, sehingga kita bisa belajar untuk menjadi penyelenggara yang berintegritas” katanya selaku Divisi Perencanaan dan Data.   (Muhib)

Mungkin Anda Menyukai