Ketua KPU RI Meresmikan Rumah Pintar Pemilu “Bala Late”KPU Kab. Sumbawa

Sumbawa.kpu.go.id – Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro meresmikan Rumah Pintar Pemilu KPU Kab. Sumbawa yang dinamakan “Bala Late” bertempat di halaman gedung KPU Kab. Sumbawa pada hari kamis, 16 Maret 2017. Tamu undangan yang hadir pada kesempatan tersebut adalah Wakil Bupati Sumbawa, jajaran muspida setempat, ketua KPU Prov. NTB, anggota dan sekretaris KPU kab/kota se NTB, parpol, elemen dan tokoh organisasi masyarakat serta lembaga pendidikan disekitar kab. Sumbawa.
 
Pada kesempatan tersebut Juri Ardiantoro mengatakan bahwa kehadiran rumah pintar pemilu di KPU Sumbawa didedikasikan oleh KPU untuk menjadi tempat bagi siapa saja untuk mendapatkan informasi. Tempat bagi siapa saja untuk belajar tentang politik demokrasi dan pemilu. Tempat bagi siapa saja yang mencari data yang diperlukan dan informasi tentang pemilu dan politik. “Jadi kalau selama ini kita kesulitan untuk mencari tempat, mencari sumber belajar, mencari data data yang diperlukan untuk kepentingan apapun mulai dari kepentingan riset, kepentingan studi, kepentingan politik ya di rumah pintar pemilu ini tempat mencari datanya, jadi bisa menjadi sumber data dan riset bagi yang membutuhkan”, demikian katanya.
 
KPU harus bisa memfasilitasi pihak pihak yang berkepentingan terhadap rumah pintar pemilu, KPU Sumbawa yang telah memiliki rumah pintar pemilu menjadi inspirasi untuk membuat banyak program yang berhubungan dengan rumah pintar pemilu. Masyarakat juga harus didorong untuk dewasa didalam politik, masyrakat harus didorong untuk cerdas didalam politik dan didalam pemilu supaya masyarakat semakin rasional didalam hak politiknya. Karena semua urusan publik semua diurus oleh orang orang yang dipilih melalui pilkada. 
 
Dalam kesempatan yang sama ketua KPU Sumbawa, Syukri Rahmat, S.Ag mengatakan bahwa pendirian rumah pintar pemilu ini sebagai konsep pendidikan pemilih yang dilakukan dengan memanfaatkan ruang ruang kosong untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan politik masyarakat. “Bala itu adalah rumah besar bagi sultan dan bangsawan yang sudah ada dalam sejarah peradaban masyarakat sumbawa, sedangkan Late itu adalah cerdas atau pintar, jadi Bala Late adalah rumah besar yang digunakan untuk mencerdaskan politik bagi masyarakat Sumbawa”, tegasnya. (Ibn-red)
Sumber Berita : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2017/5825/Ketua-KPU-RI-Meresmikan-Rumah-Pintar-Pemilu-Bala-LateKPU-Kab-Sumbawa/berita-terkini

Mungkin Anda Menyukai