Ketua KPU RI Buka Rapim KPU Provinsi dan KPU Kab/ Kota Se-Jatim

Surabaya, kpujatim.go.id – Diantara padatnya agenda kegiatan hari ini, Kamis, tanggal 22 Desember 2016, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Rapat Pimpinan (Rapim) di hotel Quest Surabaya. Rapim ke-3 di tahun 2016 yang dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris dari KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur ini cukup istimewa karena dibuka langsung oleh Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, sekitar pukul 15.00 WIB. Rapim dijadwalkan berlangsung hingga Jum’at besok (23/12).

Sekretaris KPU Jatim, HM. Eberta Kawima melaporkan bahwa pada Rapim ini akan membahas beberapa hal. “Diantaranya kegiatan yang akan dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2017 dan laporan Tahun Anggaran 2016. Selain itu juga akan membahas maping SDM yang sampai pembukaan Rapim tanggal 22 Desember 2016 ini masih belum clear. Mengenai maping SDM, Kami sudah berupaya semaksimal mungkin, berkoordinasi dengan kabupaten/ kota dan melakukan maping. Mudah-mudahan bahasan ini dapat selesai selama pertemuan ini dan Bapak Ketua KPU RI berkenan memberikan arahan,” kata Wima (22/12/2016).

Kemudian Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengimbuhkan yang telah disampaikan Sekretaris KPU Jatim. “Selain membahas maping SDM dan penyerapan anggaran, Kita akan membahas mengenai penghapusan surat suara pula. Yang mana beberapa KPU kabupaten/ kota sudah melaksanakan ini,” ujar Eko dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro menyampaikan tiga tema utama yang menjadi bahasan pada saat Rapim KPU RI bersama KPU Provinsi se-Indonesia beberapa waktu lalu di Medan. “Tiga tema utama yang didiskusikan pada Rapim tersebut terkait dengan evaluasi program, evaluasi SDM baik level Komisioner maupun Sekretariat, evaluasi anggaran dan beberapa hal terkait penguatan kelembagaan,” ungkap Juri.

Evaluasi program menurut Juri menyangkut pelaksanaan program oleh KPU. “KPU dari tahun ke tahun sudah menunjukkan peningkatan dalam pelaksanaan program, namun ada beberapa daerah yang masih perlu mendapatkan perhatian khusus. Untuk di Jawa Timur secara umum pelaksanaan program tidak ada masalah yang berarti. Tapi kualitas dari pelaksanaan program perlu diperhatikan,” jelas Ketua KPU RI. Lalu evaluasi SDM, lebih banyak disoroti mengenai independensi KPU dan ketersediaan Sekretariat yang tidak proporsional, terutama di daerah luar Jawa. Selanjutnya, evaluasi anggaran. Di satu sisi KPU sering mengeluhkan kekurangan anggaran, tapi di beberapa satker penyerapan anggaran ini masih rendah.

Menutup sambutannya, Juri   berharap melalui Rapim ini, KPU Jatim bersama KPU kabupaten/ kota di Jawa Timur bisa memetakan, mendiskusikan, menyelesaikan masalah yang ada. Sehingga ada langkah bersama untuk mengatasinya. (AACS)

Sumber Berita : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2016/5563/Ketua-KPU-RI-Buka-Rapim-KPU-Provinsi-dan-KPU-Kab-Kota-Se-Jatim/berita-terkini

Mungkin Anda Menyukai