Kawal Akuntabilitas Pilkada Tahun 2017

Kuta Bali kpu.go.id- Komisi Pemeilihan Umum (KPU) RI, menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Rekonsiliasi dan Simulasi Pengelolaan Dana Hibah Pilkada Tahun 2017, pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2017. Hal itu untuk mengawal akuntabilitas pilkada tahun 2017 Selasa (29/11).

Sebagaimana kita ketahui bahwa pelaksanaan pilkada serentak 2017, diselenggarakan 101 daerah yang terdiri 7 Provinsi, 76 Kabupaten dan 18 Kota yang dimulai tahapannya ditahun anggarannya 2016.

Salah satu Impilikasi yang perlu menjadi konsentrasi kita bersama adalah adanya tuntutan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang baik, dengan demikian menjadi tugas KPU sebagai penanggungjawab akhir penyelenggaran pilkada untuk dapat mengawal tahapan penyelengaraan pilkada dan pengelolaan dana hibah pilkada dengan baik dan akuntabel.

Sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum nomor 88/Kpts/KPU/2016 tentang pedoman teknis tata cara pengelolaan dan penyaluran serta pertanggungjawab penggunaan anggaran hibah untuk penyelenggaraan tahapan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati dan/atau walikota dan wakil walikota.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melakukan koordinasi merekonsiliasi dan mesimulasi seluruh proses dalam pengeloaan pilkada serentak Tahun 2017 sesuai dengan peraturan dan pedoman terkait dengan tata cara pengeloaan hibah langsung dalam bentuk uang untuk kegiatan pemilihan gubernur, bupati dan walikota.

Hadir dalam pembukaan rakor ini anggota KPU RI Arief Budiman selaku divisi keuangan sekaligus membuka secara resmi didampingi oleh anggota Komisi II DPR RI Hetifah Sjaifudian, Sekretaris Jenderal KPU RI dan Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi

Peserta rakor yaitu, para pejabat staf sekretariat jenderal KPU, para komisioner, sekretaris selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) dan bendara pada KPU/KIP Provinsi KPU/KIP Kab/Kota penyelenggara pilkada Tahun 2017. Pelaksanaan kegiatan ini adalah selama tiga hari mulai 29 – 1 Desember 2016 bertempat di hotel Harris Sunset road kota Bali.(dosen/red/FOTO KPU/dosen/Hupmas)

http://www.kpu.go.id/index.php/post/read/2016/5497/Kawal-Akuntabilitas-Pilkada-Tahun-2017

Mungkin Anda Menyukai