JURNAL IDE SUARA KPU JATIM EDISI 14, PUBLIKASIKAN HASIL RISET PARMAS

Surabaya, kpujatim.go.id- Jurnal Inspirasi Demokrasi (Ide) Suara Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) edisi ke-14 hadir dengan isi yang berbeda. Jurnal Ide Suara KPU Jatim bulan Desember 2016 ini berisi publikasi hasil Riset Partisipasi Masyarakat (Parmas).

Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan bahwa jika pada edisi-edisi sebelumnya Jurnal Ide Suara KPU Jatim berisi beberapa tulisan dari keluarga besar KPU se-Jatim, kali ini berbeda. “Sengaja pada edisi ke-14, Kami mempublikasikan hasil Riset Parmas pada Pilkada Serentak Tahun 2015 dengan Satu Pasangan Calon di Kabupaten Blitar,” kata Gogot (5/12/2016).

Riset ini sebagai tindak lanjut dari Surat KPU RI Nomor: 173/KPU/IV/2016 tentang Riset Partisipasi Masyarakat. Surat tersebut menyebutkan KPU Jatim bersama KPU Jabar dan KPU NTT mendapatkan tema riset terkait Pilkada 2015, dengan fokus pada daerah yang pilkada dengan satu pasangan calon.

Selain itu, riset ini perlu diangkat karena dilaksanakannya pemilu merupakan salah satu wujud dari negara demokrasi, partisipasi politik masyarakat adalah salah satu bentuk aktualisasi dari proses demokratisasi, dan lazimnya proses pemilihan diikuti lebih dari satu pasangan calon namun realitasnya di Kabupaten Blitar pada Pilkada Serentak Tahun 2015 hanya ada satu pasangan calon.

Menurut Gogot, dengan ditampilkannya hasil riset parmas pada Jurnal Ide Suara KPU Jatim, dapat membantu publikasi dari hasil riset. “Sehingga hasil riset dapat dijangkau lebih banyak masyarakat. Dengan demikian, dapat menambah khasanah keilmuan dan masyarakat dapat memberikan masukan bagi pengambil kebijakan,” ujar Anggota KPU yang menggawangi bidang Partisipasi Masyarakat ini.

(AACS)

Sumber Berita : http://kpujatim.go.id/berita-kpu-jatim/jurnal-ide-suara-kpu-jatim-edisi-14-publikasikan-hasil-riset-parmas/

Mungkin Anda Menyukai