EVI : KITA BELAJAR DARI PENGALAMAN

Jakarta, Hari kedua penyelenggaraan Kolsolnas tersebut melakukan Evaluasi Pemilu Tahun 2019 serta Persiapan Pilkada Tahun 2020 mendatang, dalam kesempatan ini seluruh peserta yang hadir tak lain adalah Divisi Teknis Penyelenggara dibagi menjadi lima kelas, yakni kelas A,B,C,D dan E di Shangri La Hotel Jakarta, Minggu (22/9).

Kelas A dan B melakukan evaluasi Pemilu tahun 2019 (red-kemarin), sedangkan untuk Kelas C, D dan E melakukan pembahasan tentang  persiapan Pilkada yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020 mendatang. Untuk Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bondowoso sendiri tergabung kedalam kelas B, yakni melakukan Evaluasi Pemilu Tahun 2019 (red-kemarin) dengan pembahasan khusus tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS, Rekapitulasi Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilu, Pendokumentasian Hasil Pemilu dan Logistik.

Evi Novida Ginting Manik  selaku Divisi Teknis Penyelenggara KPU RI menyampaikan bahwa, “mengikuti konsolidasi itu sangat penting, karena konsolidasi merupakan kesempatan untuk divisi teknis untuk belajar lebih dalam terkait tahapan pemilu kemarin

Dia juga menmabahkan, “Kita bisa belajar dari pengalaman-pengalaman atau masalah-masalah yang dihadapi di dalam penyelenggaraan pemilu tahun 2019 kemarin, meskipun kita sebagai divisi teknis ada yang baru dan tidak mengitkuti tahapan dalam pemilu kemarin, dan tentunya ini sebagai wadah atau bekal kita utk pemilu di tahun 2024 mendatang”, imbuhnya.

Selain itu, Heniwati yang merupakan Divisi Teknis Penyelenggara KPU Bondowoso Menyatakan bahwa Konsolnas ini merupakan kesempatan berharga baginya untuk lebih menguasai tentang teknis penyelenggaraan pemilu.

“Bagi saya sangat berharga sekali mengikuti konsolidasi ini, karena saya sebagai divisi teknis penyelenggara pemilu harus menguasai semua yang terkait dengan penyelengggaran pemilu, harus paham teknik penyelenggaran, paham perencanaan, paham keuangan, paham logistik, paham sdm, dan juga harus memahami hukum, untuk memudah kan dalam melaksanakan teknis penyelenggaraan pemilu”, katanya. (and)

Mungkin Anda Menyukai