DIVISI TEKNIS KPU BONDOWOSO MEMBUKUKAN DOKUMEN HASIL PEMILU 2019

Bondowoso, Divisi Teknis KPU Bondowoso memiliki program kerja pengelolaan hasil pemilu 2019 sebagaimana yang telah di cantumkan dalam petunjuk teknis pelaksanaan program, kegiatan dan sasaran tahun anggaran 2020. Selain itu KPU yang menjadi leading sector dalam pelaksanaan pemilu harus menjadi pusat sumber data hasil Hasil pemilu Tahun 2019. Bukan hanya sekedar hasil rekapitulasi, namun semua hasil tahapan pemilu dengan menginventarisir, memilah data dan mengkomulir permasalahan yang terjadi dalam setiap tahapan pelaksanaan pemilu tahun 2019 serta cara mengatasinya, kemudian akan kita susun dalam bentuk buku laporan yang sistematis dan terstruktur sesuai dengan tahapan pemilu. Akibat kondisi pandemic covid 19, kami baru melakukan pemilahan sejak bulan april 2020 kemarin yang sampai hari ini masih dalam proses penyelesaian.

 

Pengelolaan dokumentasi hasil Pemilu 2019 dilakukan dengan dokumentasi fisik (pembukuan) dan dengan mendigitalisasi dokumen hasil Pemilu 2019 untuk kemudian mengunggahnya ke dalam e-ppid untuk memperpanjang usia dan keamanan dokumen tersebut. Dengan harapan tidak ada lagi kesulitan bagi siapapun untuk mencari informasi terkait data selama tahapan pemilu 2019.

Adapun data kegiatan tahapan pemilu 2019 yang akan dibukukan adalah:

  1. Pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu;
  2. Pembentukan Badan Penyelenggara Ad-Hoc
  3. Pemutakhiran data pemilih dan penyusunan daftar pemilih
  4. Penataan dan penetapan Daerah Pemilihan (DAPIL)
  5. Pencalonan anggota DPRD Kabupaten Bondowoso
  6. Logistik
  7. Kampanye
  8. Laporan dan audit dana kampanye
  9. Sosialisasi
  10. Pemungutan dan penghitungan suara
  11. Rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara
  12. Penyelesaian sengketa hasil pemilu
  13. Penetapan perolehan kursi dan calon terpilih

Beberapa pihak di lingkungan Sekertariat KPU Kabupaten Bondowoso terlibat dalam menginventarisir data setelah itu semua data dihimpun dibagian teknis untuk dikelola dan kemudian diteliti oleh Heniwati selakuĀ  divisi teknis supaya terkontrol. (Hen)

Mungkin Anda Menyukai