Beri Nama RPP Punakawan, KPU Jatim Masukkan Kearifan Lokal

Surabaya, kpujatim.go.id – KPU sengaja memberi nama Rumah Pintar Pemilu dengan nama Punakawan untuk memadukan kearifan lokal pada pendidikan pemilih yang dilakukannya. Demikian penjelasan Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM dan Parmas) Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro saat memandu visitasi perdana Rumah Pintar Pemilu (RPP) PUNAKAWAN usai diresmikan. Kepada para pengunjung, yang terdiri dari Ketua KPU RI, Juri Ardiantoro, Anggota KPU RI, Arief Budiman, relawan demokrasi, pers serta tamu undangan Gogot menjelaskan setiap bagian RPP.

Visitasi dimulai dari ruang tunggu kunjungan yang ada di depan ruangan RPP, dilanjutkan ke dalam ruangan diskusi dan mini library. Menurut Gogot di dalam mini library terdapat buku-buku terkait dengan kepemiluan, demokrasi maupun politik. “Saat ini memang masih belum banyak, tentu ke depan akan KPU Jatim upayakan lagi untuk memperbanyak sebagaimana arahan Ketua KPU RI tadi,” kata Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim.

Perjalanan selanjutnya pada ruang audio, visual, dan display. Ruangan ini digunakan untuk melakukan pemutaran film-film kepemiluan dan dokumentasi, menampilkan materi-materi kepemiluan dan demokrasi, serta dilengkapi maskot Pilkada Serentak Tahun 2015 dari kabupaten/ kota di Jawa Timur.  Selain itu, ruangan ini dilengkapi pula dengan permainan-permainan kepemiluan dan demokrasi. Seperti Game Analisis Orbit Stakeholder Pemilu, Game Ular Tangga Demokrasi dan Game Tebak Tahapan Pemilu. “Permainan-permainan ini merupakan salah satu inovasi yang KPU Jatim lakukan untuk RPP PUNAKAWAN dan untuk membedakan dengan RPP di lain daerah,” ungkap Gogot kepada pengunjung.

Ruangan selanjutnya yakni ruangan simulasi. Pengunjung RPP, di dalam ruangan ini dapat mempraktekkan secara langsung bagaimana pemungutan suara yang baik dan benar di dalam TPS. Pada ruangan ini, juga terdapat nama-nama dan gambar penyelenggara pemilu di tingkatan KPU RI dan KPU Jatim saat ini. “Tidak kalah menarik, terpampang juga sebuah gambar besar para Punakawan, yang menunjukkan makna filosofis dari nama RPP yang digunakan KPU Jatim,” tandas Divisi yang menggawangi pembangunan RPP di KPU Jatim ini.

Sementara itu, Ketua KPU RI Juri Ardiantoro sangat mengapresiasi beberapa inovasi yang dilakukan oleh KPU Jatim di dalam RPP-nya. “Misalnya kumpulan maskot ini bisa dibukukan juga. Nanti akan ada gambar maskot dan penjelasan nilai filosofis dari maskot,” kata Juri.

Pada kunjungan RPP kali ini, Juri Ardiantoro dan Arief Budiman menyempatkan mencoba permainan ular tangga, permainan analisis orbit stakeholder pemilu yang mana tidak ada jawaban salah atau benar dalam permainan ini, permainan Tebak Tahapan Pemilu bersama dengan komunitas relawan demokrasi (KORELASI).

Menutup kunjungan perdana RPP PUNAKAWAN usai diresmikan, Divisi SDM dan Parmas KPU Jatim menyampaikan kepada seluruh pengunjung agar dapat memanfaatkan seluas-luasnya RPP KPU Jatim untuk belajar tentang Kepemiluan dan mengajak komunitasnya yang ada di luar untuk mengunjungi RPP PUNAKAWAN. RPP ini akan selalu dibuka di setiap hari kerja, dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. (AACS)

Sumber Berita : http://kpu.go.id/index.php/post/read/2016/5560/Beri-Nama-RPP-Punakawan-KPU-Jatim-Masukkan-Kearifan-Lokal/berita-terkini

Mungkin Anda Menyukai