Beber Surat Suara di CFD

BONDOWOSO – Penetrasi partisipasi masyarakat dalam Pemilu 17 April 2019 terus dikuatkan. Salah satunya dilakukan Relawan Demokrasi di Car Free Day (CFD), kemarin (17/2). Mereka membuat acara sosialisasi di salah satu titik alun-alun.

Para relawan ini memajang stranding banner yang memuat contoh surat suara. Para pejalan kaki, baik yang tengah berolahraga maupun yang tengah bersantai dengan keluarga, bisa melihat. Walau sekilas, masyarakat sudah tahu format surat suara. “Ini kami lakukan spontanitas, kami selaku relawan ingin menyentuh masyarakat luas,” kelas Muh Lukman Hadi, salah seorang relawan.

Pihaknya dalam sosialisasi itu bersama dengan PPK Kecamatan Kota. Sesekali masyarakat yang melintas diberhentikan untuk memahami Pemilu 2019. Mulai diajak melihat banner sampai diberi penguatan tentang tata cara ikut serta dalam Pemilu 2019.

Menurut Lukman, salah satu yang menjadi tekanan sosialisasi adalah pengenalan surat suara. Sebab surat suara yang dicoblos nantinya ada lima. Mulai Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Jatim dan DPRD Bondowoso. Kebanyakan, masyarakat masih belum mengetahui wujud surat suara tersebut. “Kami kenalkan mulai saat ini, agar pada 17 April 2019 nanti tidak grogi,” jelasnya.

Sementara Ketua PPK Ariff Fila mengapresiasi langkah relawan demokrasi. Sebab CFD adalah salah satu ajang berkumpulnya masyarakat dari berbagai daerah. Tentunya dengan dilakukannya sosialisasi, harapannya masyarakat bisa lebih mengetahui detail proses Pemilu 2019 dilakukan. “Ini sangat bagus, masyarakat juga sangat antusias,” jelasnya.

Hanya saja, menurutnya, sosialisasi tidak hanya bisa dilakukan di CFD. Di berbagai daerah di pinggiran Bondowoso perlu diberi sosialisasi. Harapannya masyarakat menggunakan hak pilihnya semua. Sehingga proses demokrasi semakin mantap.

Perlu diketahui, KPU RI sendiri mentargetkan partisipasi masyarakat nasional sebesar 77,5 %. Yang menjadi ujung tombak adalah para penyelenggara di tingkatan bawah. Yakni KPU di kabupaten sampai PPK dan PPS. Relawan demokrasi, memperkuat sosialisasi tersebut. Ketika saling melengkapi, masyarakat semakin banyak yang tersentuh dan semakin banyak yang menggunakan hak pilihnya. (hud)

Mungkin Anda Menyukai