Arif Budiman : Pertemuan ini untuk Koordinasi dan Konsolidasi 

Jakarta, KPU Bondowoso menghadiri Konsolidasi Nasional (Konsolnas) 2019 yang diselenggarakan oleh KPU RI di Hotel Aston Kartika Jakarta, Sabtu malam (21/9) sekira pukul 20.00 WIB.

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Indonesia yang akan beelangsung selama 4 hari ke depan,  yakni dari tanggal  21 hingga  24 September 2019.

Konsolnas 2019, kali ini mengusung tema, “Evaluasi Penyelenggaraan Pemilu Serentak Tahun 2019 dan Persiapan Penyelenggaraan Pemilihan 2020”. Pelaksanaan kegiatan tersebut,  dibagi menjadi 6 lokasi, dengan pembukaan dilakukan di masing-masing divisi.

Arief Budiman Ketua KPU RI mengatakan bahwa pertemuan ini harus harus digunakan sebaik mungkin untuk melakukan koordinasi dan konsolidasi.

“Anda harus jaga betul pertemuan ini untuk bangsa dan negara, karena puluhan miliar dalam acara ini, dan semoga acara ini bermanfaat supaya kita tidak menjadi orang yang merugi,”ujarnya saat membuka Konsolnas 2019 KPU RI.

Konsolnas 2019 ini,  lanjutnya, dilaksanakan dalam rangka evaluasi penyelenggaraan Pemilu serentak 2019 sekaligus, dalam rangka persiapan menuju penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

“Konsolnas juga bagian dari refleksi atas pencapaian Parmas (Partisipasi Masyarakat) dalam Pemilu 2019. Itu penting, karena juga menjadi bagian dari sejarah,” ujarnya lebih lanjut.

Sedangkan  Junaidi Ketua KPU Bondowoso, mengatakan bahwa perspective keberhasilan pemilu bermacam-macam , jadi tidak bisa dilihat secara parcial saja , namun dengan melihat subtansi secara jauh kedalam.

Apalagi berbicara tentang anggaran yang memang harus di pertanggung jawabkan dengan baik dan benar, dengan menghasilkan WTP walaupun hari ini masih WDP. Karena itu salah satu kewajiban kita, demokrasi memang mahal , tetapi kita harus mempunyai inovasi, kreatif dalam ide dan gagasan sehingga sesuai dengan visi, dan orientasi kedepan yang professional,  transparan, efisien dan tupoksional,” katanya saat mengikuti acara tersebut.

Untuk informasi,  ada 2 agenda besar yang akan dibahas dalam Konsolnas 2019 yakni evaluasi Pemilu 2019 dan persiapan Pilkada 2020.(Jun)

Mungkin Anda Menyukai