Arief Budiman Resmikan Wisata Demokrasi di Jatim Park 1

Batu, Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bondowoso Sunfi Fahlawati, menghadiri acara peresmian Rumah Pintar Pemilu Nasional “Wisata Demokrasi” yang diresmikan langsung oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, yang dihadiri oleh ketua Bawaslu Jawa Timur, Bappenas, Kemendagri, Jajaran Deputi KPU RI, Seluruh Komisioner Jawa Timur beserta sekretarisnya di wahana wisata Jawa Timur Park 1, Kota Batu, Jumat (24/1).

Rumah Pintar Pemilu Nasional ini merupakan yang kedua dibangun  di luar Jakarta, sebelumnya konsep serupa sudah dilakukan di Taman Pintar, Yogyakarta. Hal itu merupakan upaya dari Komisi Pemilihan Umum untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

“Tidak hanya penting membuat orang datang ke kantor KPU,  tapi penting juga KPU yang datang ke masyarakat, maka kita bikin rumah pintar pemilu nasional yang pertama di luar Jakarta, yaitu di taman pintar Yogyakarta, yang kujungannya jauh lebih besar daripada kunjungan masyarakat ke rumah pintar yang ada di kantor-kantor KPU,” papar Arief Budiman pada saat memberi sambutan di acara tersebut.

Arief melanjutkan, “itu terus kita kembangkan sampai kemudian ke jatim park,” lanjutnya.

Kemudian, Arief Budiman mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih, karena pada laporan pertama daftar pengunjung sejak pembangunan Rumah Pintar Pemilu di Jatim Park 1 tersebut selesai di akhir 2019, kunjungannya sudah melebihi 13.000 orang, yang hal itu sangat mengejutkan dirinya.

“di jatim park  ini saya berterimakasih karena laporan pertama sejak pembangunan selesai di akhir 2019, kunjungannya sudah melebihi 13.000 orang,itu belum termasuk laporan di bulan januari ini, itu sudah melebihi kunjungan rumah pintar yang ada di Yogyakarta,’’ beber Arief.

Selain itu, Sunfi Fahlawati juga menyampaikan bahwa kehadirannya dalam acara peresmian RPPN tersebut merupakan sarana edukasi untuk kemudian bisa diterapkan di KPU Bondowoso.

“hadirnya saya di acara ini, yang pertama edukasi terkait bagaimana mengemas RPP yang layak kunjung dan representative, banyak hal yang didapat disini, yang mungkin sebagian dapat kita tiru untuk RPP singo ulung Bondowoso,” ujar  Sunfi.

Pantauan dilokasi, setelah memberikan sambutan, Arief Budiman kemudian meresmikan RPPN tersebut yang disimbolkan dengan penabuhan gong serta pemotongan nasi tumpeng, dilanjutkan dengan pemberian cindera mata kepada ketua KPU Kota Batu dan direktur Jatim Park 1, kemudian lanjut mengunjungi spot-spot yang ada di Wisata Demokrasi  diikuti oleh seluruh undangan yang hadir. (ndi)

Mungkin Anda Menyukai