Adakan Nonton Bareng Bumi Manusia Dalam Momen Kebangsaan

Bondowoso, Sabtu, (24/08). KPU Bondowoso menggelar nonton bareng film ‘Bumi Manusia’ Karya Hanung Bramantyo. Film diadaptasi dari Novel karya sastrawan ternama Pramoedya Ananta Toer, Sabtu malam  (24/08).

Nonton bareng ini merupakan serangkaian agenda KPU Bondowoso dalam meningkatkan solidaritas internal KPU Bondowoso. Acara Nonton bareng ini dilaksanakan di Bisokop New Star Cineplex (NSC) Bondowoso. Nonton bareng  ini diikuti oleh seluruh Anggota KPU dan Seluruh Staff Sekretariatan KPU Bondowoso.

Dengan nonton film ini semakin kuat rasa nasionalisme kita, kita sebagai warga Negara Indonesia wajib untuk lebih memperkokoh nasionalisme, menghargai sesama, serta menjaga kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia dan nilai nilai kemanusian,” ungkap Junaidi Ketua KPU Kabupaten Bondowoso  usai menonton film tersebut,.

Film Bumi Manusia sangat bagus untuk lebih memperkokoh rasa nasionalisme. Film Bumi Manusia bercerita tentang Minke yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan. Minke sendiri bukanlah nama asli, melainkan sebuah hinaan yang diucapkan bangsa kolonial. Ada yang berpandangan, Minke merupakan plesetan dari kata monkey atau monyet. Nama asli Minke adalah Tirto Adhi Soerjo seorang pribumi yang bersekolah di HBS salah satu sekolah favorite pada era kolonial Belanda.

Bumi Manusia adalah kisah perjuangan kelas, perjuangan seorang Pribumi yang menuntut keadilan baginya, bagi mertuanya dan bagi bangsanya. Perjuangan yang akhirnya meruncing menjadi pertentangan antara Hukum Eropa dan Hukum Islam. Hukum Eropa, sebagai sebuah tatanan aturan yang dianggap ”beradab” dan ”modern” ternyata tidak lebih dari sekedar hukum yang menjerat dan menyengsarakan.

Acara nonton bareng ini di tutup dengan foto bersama Seluruh Anggota KPU & Skretariatan KPU Bondowoso di dalam biosokop. (Umam)

Mungkin Anda Menyukai